Friday, July 21, 2017

Pendidikan Seksual, Seberapa Pentingkah?

Tags

Setiap orang yang telah menginjak dewasa mengakui bahwa pendidikan seks sangat penting untuk mencapai kepuasan seks. Memang tidak disangkal bahwa seseorang yang kurang menyadari arti penting sebuah kepuasan bersetubuh bisa jadi karena dibelit sekian kesibukan atau kesulitan hidup.

Mengapa dorongan seksual selalu muncul khususnya menjelang usia remaja? Hal tersebut wajar, dan segeralah untuk menikah. Jangan menunda-nunda karena bisa menyebabkan kerusakan pada akal dan tubuh.

Masyarakat ktia masih menganggap nikah muda sebagai suatu hal yang tabu, apalagi tentang Sex Education Istilahnya, kontra pendidikan seksual.

Kekurangmengertian tentang pentingnya kepuasan seks di sini adalah mengenai pentingnya memaksimalkan kadar kepuasan hubungan seks dengan cara yang disyariatkan. Terkadang seseorang sudah melakukan berbagai cara yang disyariatkan, sesuai kondisi masing-masing, namun tidak mencapai hasil optimal. Atau sebaliknya, ia mampu mencapai hasil yang diharapkan, namun dilakukan dengan melanggar syariat. Apakah melakukan hubungan seks dengan pasangan yang tidak sah atau melakukan praktik hubungan seks yang menyimpang. Hal-hal terlarang semacam itu harus dihindari oleh setiap muslim dan muslimah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar seseorang memiliki perhatian terhadap pendidikan seks (pemuasan) secara benar, antara lain:


Pentingnya Pendidikan Seks


1. Pemenuhan kebutuhan seks adalah ibadah.


Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda,

"Dan pada kemaluan salah seorang di antara kalian terdapat kesempatan bersedekah..." (Hadits riwayat Muslim)

Ibnu Rajab Al-Hambali menjelaskan, "Hadits ini menunjukkan betapa karena semangat melakukan amal shalih yang demikian hebat, mereka merasa sedih bila tidak sempat melakukan kebajikan, padahal orang lain mampu melakukannya."

Dalam hadits tersebut Rasulullah Shalallahu 'Alaihi wa Sallam memberikan kiat melakukan berbagai amal shalih, termasuk dengan hal-hal yang seringkali dianggap kurang bernilai oleh sebagian orang, di antaranya adalah berhubungan intim dengan istri yang sah.

2. Hubungan seks yang halal adalah kenikmatan dan karunia dari Allah.


Allah berfirman,

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir."(Ar-Rum: 21)

3. Hubungan seks yang sah adalah perbuatan mulia.



Karena seseorang yang menunaikan hubungan seks -dengan cara yang halal- dalam rangka menjaga kesuciannya merupakan perbuatan yang mulia, bukan sebaliknya. Allah berfirman,


"Dan orang-orang yang tidak mampu menikah hendaklah menjaga kesucian (diri)nya, sehingga Allah memampukan mereka dengan karunia-Nya."(An-Nur: 33)

Allah menjelaskan dalam ayat di atas betapa tinggi kedudukan orang yang mampu memelihara kesucian dengan melakukan hubungan seks yang halal. Allah juga berjanji menganugerahi para penghuni surga berupa kemampuan berhubungan seks seratus kali sehari. Salah satu hikmahnya adalah menunjukkan bahwa hubungan seks yang halal merupakan sesuatu yang mulia dan sangat dirindukan oleh fitrah manusia. Bukan melakukan hubungan seks dengan yang bukan mahram, itu adalah perilaku seksual yang diharamkan dalam Islam.

Begitulah pentingnya pendidikan seksual dalam Islam. Islam mengatur semuanya, membicarakan segalanya, sangat berkesesuaian dengan fitrah manusia.

Artikel Terkait

Seorang Blogger amatir yang ingin sekali memberikan manfaat kepada orang banyak.

9 comments

saya sngat berterimakasih sekali atas pemaparan poshtinga agan, karena menurut saya memang pendidikan sexs sngat penting sekali bagi orang sudah ber istri, karena dapat menjalin / menjaga keharmonisan yang lebih dekat dengan istri saat berumah tangga.

Sangat pentinglah sex education itu, biar gak terjadi hal yang negatif dan tentunya salah kaprak tentang sex, terima kasih infonya..

Wah Tentunya pendidikan seksual sangat penting gan, Agar nanti jika kita berumah tangga dapat menjaga keharmonisan dalam keluarga. Selain itu agar para generasi muda tidak salah kaprah tentang sex. Karena saat ini sangat marak kejadian dan perbuatan yang tidak bermoral. Thanks sudah mau berbagi info gan.

Bs dijadikan referensi untuk lbh produktif lagi gan. Hehehe makasih infox gan

min apa boleh diajarkan hal seperti ini untuk anak sekolahan? soalnya menurut saya agak penting juga membahas seperti ini, apalagi tentang penyakit2 kelamin yang menular agar orang2 bisa terhindar

Kalau sudah baligh bisa dididik secara 4 mata, biar tidak ada rasa penasaran sehingga salah langkah kemudian terjerumus kepada perzinahan.

Kita ajarkan kenikmatan jika terhindar dari zina, dan ancaman jika melakukan zina. Kita ajarkan juga penyakit2 yang diakibatkan oleh zina.. dan seterusnya. Tentunya dengan penyampaian yang hati2.. karena sudah sifat manusia itu penasaran.

jika anak sudah menginjak dewasa sebaiknya segera dinikahkan untuk menghindari hamil diluar nikah

Pendidikan seks memang perlu gan. Tapi baru2 lagi ngehits peredaran buku anak tentang seks terbitan Tiga Serangkai (kalo gak salah), buku ini lebih condong mengajarkan anak bahwa seks itu sungguh nikmat (ex. Onani/Mastrubasi). Mungkin bisa dijelasin gan cara dan tips memberikan pendidikan seks kepada anak agar tidak salah persepsi bagi si anak. Thanks gan artikelnya berbobot ...

Betul, seringkali orangtua atau kakak bingung bagaimana menyampaikan pendidikan tentang seks kepada anak. Semoga kedepan kita bisa tulis ya


EmoticonEmoticon